Tips Belanja Online Aman Supaya Tidak Kena Tipu


Berbelanja online adalah salah satu gaya hidup masyarakat modern, sebab dengan belanja online banyak sekali keuntungan yang bisa kita dapatkan. Dari mulai waktu belanja yang bisa dipangkas menjadi lebih pendek (lebih cepat), biaya untuk transportasi juga bisa ditekan (ongkir untuk olshop jauh lebih hemat daripada transportasi belanja offline) dan juga banyak produk ecer yang bisa dibeli dengan harga grosir.

Akan tetapi, belanja online juga memiliki beberapa kelemahan, salah satunya adalah rawan tertipu. Ada banyak kasus dimana calon pembeli terpaksa gigit jari karena online shop yang mereka pilih ternyata punya niat yang tak baik, mereka tidak mengirim barang yang sudah kita bayar, atau mengirimkan barang yang sama sekali berbeda dengan apa yang kita pesan. Kalau sudah begitu, yang dirugikan adalah kita selaku pembeli.
Lalu bagaimana tips belanja online yang aman supaya tidak kena tipu?
-          Cari website yang ternama. Ada banyak sekali situs untuk jual beli, dari mulai situs jual beli barang bekas, situs khusus kosmetik, pakaian dan pernak pernik, bahkan ada juga situs yang menyediakan berbagai perabotan rumah tangga. Pilih website yang sudah terkenal seperti Blanja.com, yang jelas menyediakan semua kebutuhan kita dan ada garansi barang pasti sampai ke pembeli.
-          Hindari harga kelewat murah. Harga murah pastinya menarik perhatian, tapi jika kelewat murah pastinya tak boleh sembarang percaya. Misalnya ada Kailijumei yang dijual dengan harga 50 ribu saja, sebaiknya jangan dulu percaya sebab harga asli dari lipstik yang kekinian itu masih berkisar antara 125 hingga 150 ribu rupiah.
-          COD atau cash on demand. Yang satu ini jika kita ingin belanja gadget dan barang-barang yang harganya jutaan, pilihlah situs yang menyediakan jasa ini. Jadi kita bisa melihat produk secara langsung dan bayar di tempat.
-          Rekber atau rekening bersama. Pilih online shop yang menyediakan rekening bersama, jadi ada pihak ketiga yang terpercaya dan menyimpan uang yang kita transfer untuk membeli satu produk. Jika produk sudah sampai pada tangan kita, baru pihak ketiga tersebut akan mengirimkan uang tersebut pada penjual. Lebih aman.
-          Simpan bukti pembayaran. Dari mulai slip transfer, sms, chat dan semua informasi saat transaksi dengan online shop kalau-kalau ada masalah dengan online shop tersebut.

Selain tips yang sudah disebutkan di atas, ada baiknya juga berbelanja pada Hari Belanja Nasional 2016. Momen spesial di akhir tahun ini akan memberikan banyak potongan harga dan diskon spesial untuk semua pecinta belanja online. Belanja di momen spesial seperti itu akan memberikan banyak keuntungan dan bujet belanja bisa lebih hemat. Lebih hemat lebih ekonomis. 
Previous
Next Post »
Thanks for your comment
z35W7z4v9z8w